Apa BMAI itu?

BMAI adalah sebuah badan hukum berbentuk Perhimpunan, berasaskan Pancasila, berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945, melakukan kegiatan dibidang sosial didirikan oleh Asosiasi-asosiasi Usaha Perasuransian di Indonesia yaitu : Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI),  Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), dan Asosiasi Asuransi Jaminan Sosial Indonesia (AAJSI).

HomeProfileSejarah BMAI

BMAI adalah sebuah badan hukum berbentuk Perhimpunan, berasaskan Pancasila, berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945 melakukan kegiatan dibidang sosial. Didirikan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang profesional dan transparan yang berbasis pada kepuasan dan perlindungan serta penegakan hak-hak tertanggung atau pemegang polis. Sebagai badan yang independen dan imparsial, BMAI memberikan peayanan untuk penyelesaian sengketa klaim (tuntutan ganti rugi atau manfa'at) asuransi atara Anggotanya yaitu Perusahaan Asuransi dan Tertanggung atau Pemegang Polis. Dengan peraturannya BMAI berupaya menyelesaikan sengketa klaim asuransi secara lebih cepat, adil, murah dan informal.


Pendirian BMAI digagas oleh beberapa Asosiasi Perusahaan Perasuransian Indonesia yang berada di bawah FAPI - Federasi Asosiasi Perasuransian Indonesia - sekarang Dewan Asuransi Indonesia - DAI yaitu :

  • Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI),
  • Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
  • Asosiasi Asuransi Jaminan Sosial Indonesia (AAJSI)

dan didukung penuh oleh Pemerintah.

Secara resmi BMAI didirikan pada tanggal 12 Mei 2006 dan mulai beroperasi pada tanggal 25 September 2006 berdasarkan Surat Keputusan Bersama :

  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian no. KRP.45.MEKON/07.2006
  • Gubernur Bank Indonesia no. 8/50/KEP.GBI/2006
  • Menteri Keuangan no. 357/KMK.012/2006
  • Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara no. KEP-75/MBU/2006 Tentang Paket Kebijakan Sektor Keuangan

yang ditetapkan di Jakarta tanggal 5 Juli 2006.

  • Juga berdasarkan pada lampiran III Lembaga Keuangan Non Bank poin 3 program 3 tentang Perlindungan Pemegang Polis dengan Penanggung Jawab Departemen Keangan RI.

Visi BMAI 

Memberikan pelayanan penyelesaian sengketa klaim asuransi secara adil melalui alternatif penyelesaian sengketa dan pelayanan konsumen asuransi untuk menumbuhkan kepercayaan dan minat masyarakat berasuransi demi mewujudkan kehidupan yang nyaman dan sejahtera.